Skip to main content

Bhakti Sosial Bersama PATRIA Bali di Panti Sosial Tresna Werdha "Jara Mara Pati" Kaliasem Buleleng Bali

Dear all....
Hayo hari Minggu biasanya ngapain aja? Jalan-jalan, Olahraga, Masak, Karaoke, atau malah guling-guling di tempat tidur, atau.... ngorok malahan? Ckckckckk.... Kalo 2 pilihan terkahir yang kalian lakukan, ga anak muda banget deh. Yang namanya anak muda itu, penuh spirit, banyak kegiatan (yang berguna tentunya ya...), selalu mencari sesuatu yang baru, dll dah pokonya. Simplenya itu, anak muda itu keep moving.
Ada yang bilang gini nih, "Gue pengen sih ikut kegiatan, tapi ga tau mau ikut kegiatan apa?". Nah sekarang gue balik tanya, "Kamu punya hobby ga? kalau punya, tinggal lakuin aja hobbymu itu". Tapi kalo jawaban kalian ga punya hobby, "Mati aja loe!". Busettt dah... hahahaa ga segitunya kaleee. Ga mungkin kalo gue bilang ada orang yang ga punya hobby, kalau orang hidup sudah pasti ada hal-hal yang disukai walaupun itu sifatnya kecil. Eh... tau ga sih hal yang besar itu selalu dimulai dari hal yang kecil. Contohnya: Bayi baru lahir kan kecil thu, lama kelamaan kan jadi besar juga. Coba aja bayangkan kalian yang sekarang baca blog gw ini ga pernah bayi, jadi lahir-lahir langsung gede gitu. Apa ga pingsan ibu kalian? Heheheee... jadi nalor ngidul. Okelah kalo begitu, kita liat aja kegiatan gw hari Minggu ini. Cieehhhh kaya artist aja, siapa juga yang mau tau?. Pokonya gw paksa, mau tau mau nggak pokonya kalian harus tau. =D
Jadi gini... pokonya gue seneng banget hari ini. Coz,banyak hal positif yang bisa gw lakuin hari ini. Salah satunya adalah Bhakti sosial ke Panti Jompo. Lokasinya di Kaliasem Buleleng Bali, kalo orang Bali, terlebih lagi orang Buleleng ga tau kecamatan ini, kelewatan banget deh. Sssttttt tapi gw yang orang Buleleng sebenarnya ga tw. Hiiihiiihii... Tapi buat kalian yang bukan orang Bali ga tau tempatnya juga bener-bener keterlaluan, jelas-jelas udah ada Google Map (Keturunannya Om Google yang kesekian). Adoooohhhh... panjang urusannya kalo gue nulis kaya gini, becanda melulu. Skr ayo ciyus.

Lanjut yang tadi, jadi ini nama lengkap Panti Jomponya : "PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA JARA MARA PATI". Gw ikut Baksos ini ga sendiri tapi sama anak-anak PATRIA BALI. Sekilas info, PATRIA itu singkatan dari Pemuda Theravada Indonesia. Jadi PATRIA ini sebagai organisasi/wadah berkumpulnya muda mudi buddhis (theravada). Organisasi ini ga hanya ada di Bali, tapi di seluruh Indonesia dan sudah dikelola secara profesional. Profesional maksudnya adalah sudah memiliki struktur organisasi yang jelas dan program kerja yang jelas, terutama yang berhubungan dengan pengembangan dhamma. Salah satu program kerjanya adalah Bhakti sosial ini. Bhakti sosial ini dilaksanakan dalam rangka HUT PATRIA yang ke-19. Walaupun kita sebagai umat beragama buddha namun dalam hal-hal yang berhubungan dengan membantu masyarakat, kita tidak hanya membantu mereka yang beragama Buddha saja. melainkan dari seluruh kalangan masyarakat, dari seluruh golongan, dari seluruh lapisan, dengan catatan mereka yang memerlukan uluran tangan kita.

Suasana bus di pagi hari, udah sipit-sipit jadi tambah sipit karena harus bangun pagi-pagi. =D

Narsis dulu sebelum berangkat
Kita berangkat dari Denpasar Bali pukul 07.00 WITA. Padahal di pengumumannya pukul 06.00 tapi gw lupa tanya sih, 06.00 WITA atau WIB. Soalnya pukul 06.00 WITA gw dateng belom pada berangkat, mungkin yang dipake WIB (sedikit mangkel nehhhh... sampe-sampe ga jadi sarapan besar). Akhirnya sampai disana pukul 09.45 WITA (ini bener pake WITA). Ada +- 35 kakek nenek yang udah baris, eh duduk maksud gw. Mereka excited banget loh waktu kita dateng, biasalah artist =D wkwkwkwkk.... Kita emang ga mempersiapkan banyak acara, karena ga mungkin banget kakek nenek gitu gw ajak belly dance atau dance kaya boyband atau girlband korea gitu kan? Jadi acara kita cukup sebagai berikut:
  1. Sambutan Ketua Panitia
  2. Sambutan Ketua DPD Patria Bali
  3. Sambutan Ketua Panti
  4. Bagi-bagi sumbangan
  5. Bagi-bagi kue
  6. Bondres
  7. Foto bersama
  8. Jenguk kakek nenek yang di ruang selotip, eh... maksud gw ruang isolasi.
Ki-ka (Ko Ucik /Ketupat, Ko Kangge/Ketua DPD Patria Bali, Bpk. Wayan/ Ketua Panti, Ibu ... lupa tanya namanya >_<)
Sambutan dari Ketua Panti
Suasana aula di Panti

Me & Some of Patria Gank
Sumbangan yang ada macem-macem guys, intinya kebutuhan untuk orang tua seperti: beras, gula, handuk, sarung, dll. Setelah itu kita juga bagi-bagi kue. Seneng banget bisa berbagi, gue hampir-hampir nangis kalo udah ke panti-panti gitu =(. Paling ga sanggup deh kalo liat orang-orang yang ga seberuntung kita. Masih banyak ternyata orang-orang yang perlu bantuan kita, apalagi mereka seneng banget waktu kita berikan bantuan. Jangankan bantuan, kita ajak ngobrol aja mereka seneng luar biasa. T_T.
Setelah acara bagi-bagi selesai, kemudian kita berikan pertunjukan bondres (lawak topeng). Tentunya bukan gw yang ngelawak. Wahhhhh ngakak-ngakak dah mereka. Bahkan sampe tetangga-tetangga sebelah juga pada dateng buat nonton. Hebat bener deh para pelawak ini, cuma gue lupa nanya siapa aja namanya. Lawakan mereka ga hanya sekedar ngelawak, tapi banyak pesan-pesan yang disampaikan. Padahal mereka anak-anak muda yang baru tamat kuliah loh.... Bagus deh pokonya. Besok-besok gue rekam deh kalo ada yang gini-gini.
Bondres (Baru dateng aja udah lucu)
Bondres (asli lucu banget)
Selanjutnya adalah acara narsis....maksudnya Foto Bersama. Yang pasti hari ini seneng banget deh bisa kumpul sama anak-anak PATRIA + kakek nenek dari PANTI SOSIAL TRESNA WERDHA. Semoga kedepannya kita bisa membantu lebih banyak lagi orang-orang yang membutuhkan.
Foto Bersama

Foto Bersama 2

Habis narsis, kita kunjungi kakek nenek yang ada di Ruang Isolasi. Maksudnya ruang isolasi ini bukan berarti mereka yang terisolasi karena mengidap penyakit tertentu, namun mereka-mereka yang fisiknya udah lemah dan ga bisa terlalu banyak gerak kaya kakek nenek yang ada di Aula tadi. Kasian banget loh... bahkan salah satu dari mereka bercerita bahwa mereka bisa sampai di panti itu karena dibuang oleh anaknya di eks Pelabuhan Buleleng, akhirnya polisi menemukannya dan dibawalah ke panti itu. Miris banget yah... T_T Hikz hikz.... Semoga ga ada lagi orang yang seperti itu ya. 

Salah 2 orang nenek yang ada di Ruang Selotip
Setelah itu kita pamit pulang, bukan pulang sih sebenernya tapi mau cari tempat buat makan. Akhirnya kita pilih Eks. Pelabuhan Buleleng sebagai tempat kita menghabiskan makan siang. Makan siang dipinggir pantai? huahhhhhh... asik deh.... dengan semilir angin yang sepoi sepoi. Cuma... panas bo... untung banyak bale-bale jadi bisa berteduh.

Habis makan, foto dulu...
Disana bagus loh guys... buat foto-foto. Banyak obyek yang cantik-cantik (emangnya cewe?). Tapi bagus nggaknya hasil fotonya tergantung orangnya yang difoto juga sih. Hahahaaa... Nih beberapa foto narsis gue, gpp deh. Niat jadi model Internasional ga bisa, terpaksa jadi model buat sejarah hidup gue aja. Ceileh.... bahasanya....
 
Panasnya bo....
Gaya-gaya mode ga jelas gitu... 
Ini ga tau mau ngapaen sebenernya.
Siapa berani macem-macem sini lawan gue sambil berkacak pinggang
Hore.... 
Itu orang di kanan gue merusak foto gue aja.
Tolong.... gue mau ditelen kodok ngorek...
Cilukba...
Kayanya ini foto paling bener diantara foto lainnya
Mau apa lo?
Oke deh, sekian dulu cerita gue.... bye..................................................................................




Comments

  1. Berbagi info, bagi vihara atau cetiya yang belum punya aplikasi, ini ada pembuatan aplikasi sederhana berbasis blog secara GRATIS. Info lengkapnya bisa dilihat di:

    www.tiny.cc/appsgratisdong

    Bantu share ke teman, siapa tau mereka butuh. Terima kasih...

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

BDP ( BCA Development Program )

Buat sebagian orang pasti sudah tau apa itu BDP, dan sebagian dari kalian pasti ada yang sudah lolos ikut BDP ini. Kesan awal gw waktu ikut BDP ini adalah dag dig dug, why? karena untuk masuk dan lolos di program BDP ini sangatttttt.... sulit kalo ga mw gw bilang susah (apa bedanya ya? hahahaa). Tapiiiii.... nah ada tapinya. Selama kita berusaha dan kerja keras pasti bisa mengikuti setiap tahapannya. Maksudnya berusaha dan kerja keras disini bukan berarti kamu harus kerja mati-matian dan belajar mati-matian dari pagi ampe pagi lagi. Ga gitu sob... Maksudnya adalah berusaha dan bekerjalah yang cerdas. Seperti misalnya: Cari info sebanyak-banyaknya mengenai BDP. Sumbernya bisa langsung dari website resminya BCA atau Forum yang membahas tentang BDP. Bertanya ke orang-orang yang pernah mengikuti BDP. Lah mana gue kenal? mana gue tau siapa yang ikut BDP?. Salah besar kalau anda berpikiran seperti itu. Tau cara menemukannya? tanya aja paman google =D. Hehehehe... tapi serius loh. Bany

Character, Competence, Compliance (3C)

Dear reader.... Ada hal menarik ketika saya mengikuti training di perusahaan saya sendiri. Judul materi trainingnya cukup singkat dan membuat penasaran menurut saya. Judulnya adalah "3C" bahkan materi ini dibawakan oleh penulis buku retail best seller yaitu Bpk. Christian.F.Guswai. Apa itu 3C? 3C terdiri dari 3 kata yang berawalan C yaitu Character, Competence, dan Compliance. Huruf C pertama yaitu Character/ Attitudes tentunya hampir semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan ini. Walaupun kelihatannya sepele namun kita tidak bisa menutup mata, karakter inilah yang menjadi faktor utama yang menggambarkan bagaimana seseorang tersebut. Dari karakterlah kita bisa menilai seseorang. Jika seseorang mempunyai karakter yang baik tentu penilaian kita terhadap orang tersebut akan baik begitu juga sebaliknya. Salah satu teori tentang pembentukan karakter yaitu teori tabularasa. Teori ini menyebutkan bahwa manusia terlahir seperti selembar kertas kosong, coretan-core

Liburan, Bedugul, Ular, Iguana, Monyet, dan Kelelawar

Akhirnya dapet liburan juga, walaupun cuman sehari gapapa lah. Eh, ga ada sehari lagi, cuman setengah hari karena lama di perjalanan. Sebenarnya bukan liburan sih, tapi sambilan liburan namanya. Soalnya kebetulan gue ada upacara di rumah di Seririt dan harus pulang kampung. Walaupun perjalanan cukup jauh, 100 km bok... tapi karena lewat daerah Bedugul yang sejuk makanya perjalanan asyik-asyik aja. Oya, sekeilas info nih... daerah Bedugul ini merupakan salah satu tujuan objek wisata di Bali. Buat kalian yang pernah ke Bali, rugi loh kalo ga mampir. Apa sih yang ada di Bedugul yang jadi daya tarik wisata? Di Bedugul itu kamu bisa liat 3 danau sekaligus. Walaupun ga berdampingan kaya danau kelimutu di NTT, tapi pemandangan di sekitar danau-danau ini Beautifulllllllllllllllll banget loh cinta. 3 Danau yang ada di Bedugul ini adalah Danau Bratan, Danau Buyan, and Danau Tamblingan. Yang paling besar diantara 3 danau ini adalah Danau Bratan. Tapi ga sempat nih foto-foto di Danaunya.( T_T )