Skip to main content

BDP ( BCA Development Program )


Buat sebagian orang pasti sudah tau apa itu BDP, dan sebagian dari kalian pasti ada yang sudah lolos ikut BDP ini. Kesan awal gw waktu ikut BDP ini adalah dag dig dug, why? karena untuk masuk dan lolos di program BDP ini sangatttttt.... sulit kalo ga mw gw bilang susah (apa bedanya ya? hahahaa). Tapiiiii.... nah ada tapinya. Selama kita berusaha dan kerja keras pasti bisa mengikuti setiap tahapannya. Maksudnya berusaha dan kerja keras disini bukan berarti kamu harus kerja mati-matian dan belajar mati-matian dari pagi ampe pagi lagi. Ga gitu sob... Maksudnya adalah berusaha dan bekerjalah yang cerdas. Seperti misalnya:
  1. Cari info sebanyak-banyaknya mengenai BDP. Sumbernya bisa langsung dari website resminya BCA atau Forum yang membahas tentang BDP.
  2. Bertanya ke orang-orang yang pernah mengikuti BDP. Lah mana gue kenal? mana gue tau siapa yang ikut BDP?. Salah besar kalau anda berpikiran seperti itu. Tau cara menemukannya? tanya aja paman google =D. Hehehehe... tapi serius loh. Banyak loh orang-orang yang menulis tentang BDP dari tahapan tesnya sampai tips-tips untuk ikut BDP ini mereka babarkan. Salah satunya gw... 
  3. Selain mempersiapkan otak, siapkan juga penampilan. Gunakan pakaian yang bersih dan rapi karena kesan pertama seseorang dari penampilannya. Apalagi pada saat tahap interview.
Mudahkan?cuma 3 hal itu yang perlu kamu siapkan. Nah sekarang saya berikan tips untuk setiap tahapan tes.

1. Psikotest

Psikotest ini bisa dibilang test IQ. Serem bener dengernya, tapi ga usa takut. Yang diperlukan dalam tes IQ ini adalah konsentrasi, kondisi tubuh yang fit, dan perhatikan petunjuk soal. Jadi pastikan sehari atau dua hari sebelum tes, kamu istirahat yang cukup serta makan-makanan yang bergizi. Selain itu kamu bisa pelajari type-type soal untuk psikotest dari internet. Soal-soal psikotest BCA ga jauh beda sama psikotest-psikotest yang biasa kita ikuti. Contohnya psikotest di perguruan tinggi. Type-type soalnya seperti:
  1. Aritmatika (menghitung)
  2. Deret bilangan
  3. Daya imajinasi (gambar kubus di bolak-balik).
  4. Penalaran (lanjutan gambar biasanya)
  5. Analog verbal (lawan kata/persamaan kata)
  6. Pauli (Menghitung angka yang banyaknya selembar kertas koran)
Tes Koran/Pauli
Nah, itu untuk psikotest tahap pertama, apabila lolos pada tahap pertama maka akan dilanjutkan ke psikotest ke tahap dua. Bagi peserta yang ga lolos diperbolehkan pulang, sedangkan yang lolos lanjut ke tahap berikutnya. Waktu itu, yang lolos tahap pertama sebanyak 20 orang dari 100 orang kalau ga salah yang ikut. Tapi pada saat itu digabung testnya buat yang ikut BDP dan posisi staff, jadi gw ga tau pastinya berapa orang yang ikut BDP.

Catatan Penting : Kalian harus ingat betul nomor testnya, karena pada saat pengumuman lolos psikotest tahap 1 yang ditempel hanya nomor saja tidak berisi nama.

Oke lanjut ke tahap psikotest kedua. Pada tahap ini lebih banyak mengenai test kepribadian, jadi soal-soalnya berhubungan dengan karakter. Berikut tes yang gw ikutin saat psikotest tahap 2:
  1. EPPS (Edwards Personal Preference schedule)
  2. Wartegg Test
  3. DAM (Draw A Man Test)
  4. BAUM (Menggambar pohon)
Wartegg Test
BAUM Test

Detail dari masing-masing test tersebut akan saya posting berikutnya, supaya ga terlalu panjang kali lebar (Luas persegi panjang dong ya? =D)


2. Interview Psikolog

Setelah psikotes dilanjutkan dengan interview psikolog, peserta akan dipanggil satu persatu oleh psikolog. Hal-hal yang ditanya seputar apa yang kita tuliskan di data diri yang sebelumnya dibagikan pada saat psikotest karakter. Pertanyaan-pertanyaan yang biasanya ditanyakan adalah:
  1. Mengapa memilih BCA?
  2. Sebelumnya sudah pernah bekerja? jika ya, bekerja dimana? sebagai apa? Lingkup pekerjaan apa yang dipertanggungjawabkan?
  3. Jika harus ditempatkan di seluruh wilayah Indonesia, apakah bersedia?
  4. Apa kelebihan dan kekuranganmu?
Tipsnya: Pada saat membuat data diri, buatlah yang sebenar-benarnya jangan mengada-ngada, Sehingga setiap pertanyaan yang dilontarkan oleh psikolog dapat dijawab dengan baik. Lagipula akan ketahuan loh apabila kita mengada-ngada. Psikolog kan tahu karakter dari cara berpikir kita.

3. Dinamika Kelompok (FGD/Forum Group Discusion)

Apabila kita lolos tahap interview psikolog, kita akan diinfokan untuk mengikuti Dinamika Kelompok. Dinamika kelompok ini tujuannya untuk melihat apakah kita bisa bekerjasama di dalam tim atau mungkin lebih jauhnya apakah kita bisa memimpin suatu tim. Dalam FGD ini kita akan diberikan satu permasalahan, Dan kita harus membahas masalah tersebut bersama kelompok, kemudian memberikan tanggapan maupun solusi terhadap permasalahan tersebut. Permasalahan yang diambil biasanya bersifat umum dan sedang hangat dibicarakan.
Tipsnya: Rajin-rajin baca koran atau nonton TV (News ya say, jangan sinetron atau drama korea aja yang ditonton) dan jangan lupa berkenalan dengan anggota tim sebelum kalian mulai FGD ini.

Setelah itu kalian akan dihadapkan dengan puzzle tali semrawut, kenapa gue bilang gitu? karena bener-bener bikin saraf-saraf otakmu semrawut. 2 kali gw kerjain 1 tim, 2 kali juga gw gagal total. Gagal dalam artian ga bisa menyelesaikan sampai 25, karena targetnya 25 (5 x 5). Kesempatan pertama gw dan tim bisa menyelesaikan 17 potong, kemudian dikesempatan kedua akhirnya gue dan tim bisa menyelesaikan 12 potong. Whattt??? ga salah? iya begitulah adanya. Setelah itu kalian akan ditanya, jenis pertanyaannya:

  1. Mengapa tidak bisa menyelesaikan 25 potongan puzzle tersebut?
  2. Strategi apa yang kalian gunakan agar dapat menyelesaikan potongan-potongan puzzle tersebut?
  3. Mengapa pencapaian kedua lebih rendah dari sebelumnya?
Kira-kira pertanyaan seperti itu yang akan ditanyakan oleh penguji.

Tipsnya: Kalau kalian pintar menghafal, silahkan hafalkan gambar puzzle yang saya tampilkan berikut. Tapi saya rasa itu hal yang cukup rumit dan menghabiskan banyak tenaga. Karena tes puzzle ini saya rasa tidak semata-mata agar puzzle tersebut selesai, namun lebih ke kerjasama dan kekompakan tim. Tetep kompak, jangan menyalahkan tim jika hasilnya tidak maksimal. Selain itu cobalah ingat gambar di setiap sudutnya minimal warna-warnanya.


Puzzle Tali Semrawut
Biasanya setelah FGD, kamu akan disuruh menunggu terlebih dahulu. Kemudian akan langsung diumumkan siapa yang berhasil lolos ke tahap berikutnya. Saat itu untunglah aku berhasil lolos. BCA tidak mentargetkan berapa yang harus lolos dan berapa yang tidak lolos. Apabila dianggap tidak ada yang memenuhi kualifikasi, maka bukan tidak mungkin tidak ada yang akan lolos.

4. Interview HRD

Interview HRD hampir mirip dengan interview psikolog, namun kamu akan ditanya jauh lebih mendalam misalnya kehidupan pribadi, keluarga, pengalaman kerja, kelebihan dan kekuranganmu, target atau pencapianmu kedepannya, aktivitasmu saat ini, apa yang kamu suka dan tidak suka. Selain itu kamu juga akan ditanya mengenai jabatan apa yang kamu inginkan nantinya di BCA.

Tipsnya: Santai saja dan jawab sejujur-jujurnya mengenai dirimu, biasanya orang yang dinilai memiliki motivasi akan lebih mudah lolos di tahap ini.

Kamu akan diberikan informasi lolos atau tidaknya  +- 1-2 minggu setelah interview HRD. Gw diberikan info lolos kira-kira 10 hari dari interview HRD.

5. Interview USER

Interview user maksudnya adalah kamu akan diinterview oleh user yang akan menggunakanmu, bahkan untuk tahap ini gw harus ke Jakarta (rumah gw di Bali). Karena pada saat interview gw pilih Internal Auditor atau Relationship Officer, mungkin Internal auditor jakarta yang akan merekrut gw. Waktu itu gw interview di BCA Pusat di MH. Thamrin GI Jakarta. Rencananya gw mau di taruh di Audit IT. Pada saat interview user lebih banyak ditanya mengenai teknis-teknis perbankan. Buat yang ga punya basic banking ga usa takut. Gue juga sama sekali ga ngerti, bahkan bisa dibilang gue buta banget masalah perbankan (bukan minus atau plus atau silinder) tapi udah bener-bener buta). Tapi gue jawab semua pertanyaan-pertanyaan Ibu Runi semaksimal mungkin yang gue tau, tapi jangan sok tau juga loh ya. 

Tipsnya: Alangkah baiknya jika kamu baca sedikit tentang perbankan jadi pada saat interview, minimal kamu mengerti tentang apa yang ditanyakan, sehingga kamu bisa menjawab dengan baik. Minimal menjawab dengan baik loh ya, walaupun kurang tepat.

6. Tes Kesehatan


Kalau lolos interview user kamu akan ditelepon untuk tes kesehatan. Buat gw yang blm pernah tes kesehatan, tahap ini lebih serem dari interview user kayanya. Soalnya ini ga hanya menentukan kamu lolos atau nggak di BCA tapi juga menentukan hidupmu kedepannya. Kalau sehat, syukurlah.... kamu bisa lolos dan hidupmu bisa normal kembali. Tapi kalau ternyata hasilnya kamu di doktrin mempunyai potensi sakit ini itu, waduh... gawat. Buat gambaran aja, pada saat tes ini kamu biasanya diberikan surat pengantar oleh BCA untuk ke Klinik atau laboratorium yang diajak kerja sama dengan BCA. Kalau gw disuruhnya ke Klinik Niki Medica di Gatot Subroto disampingnya Cellular World Denpasar. Tesnya meliputi:
  1. Tes Urine
  2. Tes Darah, darah gw diambil 2 tabung seukuran 10-20ml. (Benernya gw benci banget sama jarum suntik)
  3. Tes Rontgent. Untuk tes ini kamu harus telanjang dada. WOWWW!!!, tenang... kalau untuk cewe kamu pakai baju luaran kaya piyama gitu tapi tetap melepas dalaman.
  4. Tes Fisik, meliputi tinggi dan berat badan, tekanan darah, detak jantung, perut (ga tau apa yang diperiksa), gigi (gigi gw ada yang lubang T_T).
  5. Tes Mata, ada minus, silinder, atau yang lain + tes buta warna. (Tempat gw tes mata terpisah yaitu di Apotek Sekar di jalan Diponegoro denpasar Bali, mungkin saat gw tes di Niki Medica dokternya lagi ga ada). Mata gw minus + silinder T_T.
Tipsnya: Banyak yang bilang lebih baik puasa sebelum tes kesehatan, ga tau bener atau nggak. Tapi gw puasa 12 jam aja (dari jam 6 sore sampe jam 9 pagi besoknya, 15 jam tepatnya ya? hahaha), ga makan yang aneh-aneh terutama yang berbentuk obat-obatan walaupun itu vitamin. Karena sebagian vitamin terkadang mengandung zat adiktif, takutnya hal itu dipikir kita menggunakan obat-obatan sejenis narkoba. Perbanyak minum air putih dan cukup tidur.

Kalau kamu lolos tes kesehatan, selanjutnya kamu akan diminta untuk tanda tangan kontrak. Gw belum dihubungi lagi sama BCA, semoga tes kesehatan gw lolos. HHC (harap-harap cemas juga sih). Yang penting bersabar dan ikhlas aja apapun hasilnya. Dari tahap awal sampai pengumuman lolos kira-kira sekitar 2 bulan. Lama juga ya? iya begitulah, kalau kamu sungguh-sungguh ingin bekerja di BCA ditunggu aja telepon maupun SMS dari BCA. Karena walaupun kamu tidak lolos, BCA akan memberi tahu baik via tlp maupun email.

Demikian sedikit gambaran mengenai Tahapan seleksi BDP BCA yang saya ikuti, semoga bisa membantu. Jika ada pertanyaan silahkan tulis di kolom komentar. Thanks... reader.

Comments

  1. Halo fin..
    Kamu ikut BDP bagian apa?
    Oh iya, medical check up tanggal berapa?

    ReplyDelete
  2. Halo juga... (namanya ga dicantumin, =D)
    Kemarin sih interview sama Internal Auditor, maunya ditaruh di IT Auditor karena basicq IT. Tapi belum ada panggilan lagi, bersabar aja deh. Medical checkup aq lupa tanggal pastinya, sekitar minggu pertama Desember 2014.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha, iya anonim biar ga ribet.sign in :p
      Oh yang internal audit ya?
      Aku medical check up tanggal 5 desember dan blm dikabarin juga hehe

      Delete
  3. Oh iya, btw ikut tes yang di mana?

    ReplyDelete
  4. Aq ikut test yang di Denpasar. Kamu ambil bagian apanya? Semoga kalau jodoh kita bisa ketemu nanti di BCA. Sekarang mungkin BCA lagi sibuk mempersiapkan laporan akhir tahun makanya belum ada yang dihubungi. hehehe...

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Nah... klihatan namanya lbh enak nyapanya.
    Iya semoga bisa ketemu di BCA salam kenal ya krisna. Kalo aku panggil Adi nnti dipikir cowo jadi krisna aja ya... =)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  7. Fin, kamu udah dihubungi belum?

    ReplyDelete
  8. Udahhhhh say... aq lolos. Belum sempat update blog. Maaf-maaf. Kamu gimana kris? Udah dihubungi?

    ReplyDelete
  9. Kapan dihubunginya fin?
    Belom juga nih hahaha

    ReplyDelete
  10. Baru aja minggu lalu, mulai kelasnya 19 Januari 2015. Ditunggu aja, pastiin HPmu selalu aktif klo bisa mimpipun dibawa. =D Ga tau soalnya kapan dihubunginya. Selama belum ada email failed, berarti belum failed katanya kris.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Btw selamat ya :D
      Jadi audit internal ya?
      Iya soalnya temenku yg bareng aku udah ditelpon juga.
      Yaudah ditunggu aja deh

      Delete
  11. Makasi.... sabar aja. Dihubungi satu-satu soalnya. kadang jaraknya bisa seminggu atau 2 mingguan. Ga tau mau jadi apa? wkwkwkk... kayanya nanti dari hasil test juga ditentukan cocoknya kemana.

    ReplyDelete
  12. Maaf kris baru balas, waktu ni sudah q balas lewat HP tapi ternyata gw baru tau ga ke send >_<. Ditelepon aja kris. Nomor teleponnya : 02125563000. Minta disambungi ke bagian BDP.

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
    2. Kok bisa ya? Keselip jangan2. Waduhhhh ga barengan periode ini dong =( Padahal udah seneng karena nemu temen.

      Delete
    3. Iya, apa keselip ya fin, ga ada gitu :((
      Kayaknya ga periode ini :(
      Sekitar 2 hari lagi deh fin aku hubungin lagi. Semoga ada kejelasannya

      Delete
    4. Iya coba aja ditelepon lagi kris. Harusnya kalo udh tes kesehatan dan ga ada penyakit tertentu, udah lolos bdp.

      Delete
  13. Fin. Saya medcheck tgl 19 Des, tp sampe skrg blm dihubungi. Apa mungkin ga lolos ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pastikan HPmu selalu aktif say, atau supaya lebih jelas kamu bisa hubungi 02125563000 minta disambungkan ke bagian BDP.

      Delete
  14. halo kak mau tanya, kalo untuk program BDP ini kalo lolos itu kan training 1 tahun , nah training nya berupa kerja di kantor BCA itu atau ikut pelatihan keluar? terus selama masa BDP ini dapet gaji gak? makasih ya kak.
    ditunggu infonya via email aja kak ke riztryaaa@yahoo.com
    makasiiii

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah saya bales via email ya sista. Di cek emailnya... kalo ada pertanyaan lagi silahkan aja. Senang bisa berbagi... ^_^

      Delete
    2. Hi sist.. wah threadnya ini udah outdated bgt ya tapi semoga masih bisa bantu jawab.. pertanyaanku sama dgn Trya.. mau dong forward juga ke email adeastaliapratiwi@yahoo.com
      Makasih ya sist.

      Delete
    3. selamat siang kak, apakah saya bisa bertanya2 mengenai progam BDP ini? minggu depan saya dipanggil interview dan ingin tau lebih banyak dr seseorang yang sudah pernah punay mengalaman mengikuti program ini. Pertanyaan says sama dengan kak tyra mengenai sistem penempatan dan pekerjaan yang akan ditawarkan saat sudah diterima. Minta bantuannya ya kak, saya bisa dihubungi melalui email adeliadama36@gmail.com terima kasih banyak! sukses selalu

      Delete
  15. Kak, mau tanya dong, salary bdp untuk angkatan 2015 brp ya? Saya mau sign kontrak tapi belom dikai tau soal salarynya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaa.... nnti pas sign contract jg tw say. Lebih dr cukup kok utk hidup di Jkt. Bisa utk bayar kost, nonton minimal 1x seminggu, Shopping, dan biaya bulanan. Selama training di kelas qta jg ditanggung makan loh. Coffee break 2x + makan siang 1x. Itu makanannya kelas hotel loh... puas2in dah. All u can eat. Hahahaa.

      Delete
  16. gw mau tau perkiraannya nih, mau bandingin sama kerjaan gw skrg, klo blh tau 7an dapet gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hmmmm.... klo msalah uang saku mohon maaf bgt sist. Aq ga bsa kasi tw scr frontal. Berhubungan dgn rahasia perusahaan soalnya disamping itu kurang etis jg klo qta bahas masalah uang saku di forum umum. Yang pasti lebih dari cukup untuk hidup di jakarta say. Tenang aja...

      Delete
    2. Hmmmm.... klo msalah uang saku mohon maaf bgt sist. Aq ga bsa kasi tw scr frontal. Berhubungan dgn rahasia perusahaan soalnya disamping itu kurang etis jg klo qta bahas masalah uang saku di forum umum. Yang pasti lebih dari cukup untuk hidup di jakarta say. Tenang aja...

      Delete
  17. hi! mau tanya program BDP bukanya kapan lagi ya untuk tahun 2015 ini? thanks! :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf baru bisa balas sist... Secara pastI utk waktunya, aq kurang tw pasti. Biasanya tergantung dr bagian HRD. Saranku, sering2 buka website BCA aja. Selain BDP, BCA juga punya banyak program menarik lainnya. Silahkan cek di http://karir.bca.co.id/ semoga membantu.

      Delete
  18. Hai sist fifin, salam kenal aku Claudia. Blh share sedikit mengenai BDP ga? :)
    Aku tertarik utk ikut program spt ini, kmrn sudah coba apply via internet.
    Yg jd masalah, aku mahasiswi tingkat akhir, tinggal nunggu sidang sih, dan baru wisuda akhir november mendatang. Sementara klo ga salah, stlh sign kontrak, ijazah akan ditahan olh pihak BCA. Is that true? Kira2 useless ga ya klo aku nyoba ikut program ini, atau nunggu ijazah saja? Tp lama yaa :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi sist.... aq bingung panggilnya syp. Natural ya? Hehehe...
      Sekilas gambaran umum tentang BCA yah. BCA adalah satu-satunya perusahaan di Indonesia yang masuk dalam 40 besar perusahan terbaik dan paling dicari di dunia. Perusahan yg dimaksud bukan Bank saja, melainkan bersaing dengan perusahaan2 non bank lainnya. Tentunya BCA bisa msk ke dlm daftar perusahaan terbaik itu didukung oleh infrastruktur, manajemen, dan profitabilitas yang baik. Nah.... berarti kalo kamu kerja atau belajar di BCA sudah pasti ga ada ruginya. Bahkan banyak pejabat2 di Bank lain adalah hasil dari didikan di BCA.
      Lalu mengenai statumu skr yg masih mahasiswi tingkat akhir yang akan skripsi, sepertinya kamu harus menyelesaikan dulu kuliahmu utk dpt gelar S1. Karena untuk ikut program ini diperlukan pendidikan minimal S1. Tapi jika kamu udh pengen masuk BCA, kmu bsa coba program2 lainnya yg bisa kamu baca di karir.bca.co.id
      Untuk ijasah yang ditahan, sebenarnya bukan ditahan sih... tapi dititipkan sementara sesuai dengan kontrak yg kamu tanda tangani.

      Kalau pendapatku pribadi, aq merasa beruntung banget bisa bergabung dengan salah satu perusahan terbaik ini.

      Semoga jawabanku bisa membantu ya....

      Delete
    2. Oya... maaf aq ga baca detail, kmu udh sebutin nama ternyata. Salam kenal juga Claudya...

      Delete
  19. halo sist Fifin, aku Cici. salam kenal ya. sist, aku mau tanya2 tentang BDP nih, boleh tau emailnya? atau kalo email sist ga bisa diumukan di sini, bisa email aku duluan ke cicicuwit_02@yahoo.com . aku udah ditelepon BCA untuk ikut tes sabtu kemaren cuma karena ga bisa, lagi di luar kota, jadi mereka akan taro aku di psikotest akhir juli atau awal agustus. ditunggu emailnya ya sist. makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. This comment has been removed by the author.

      Delete
  20. Halo kak Fifin ..
    Aku bella, slm kenal yaa..
    Aku pgn cerita2 sedikit ttg pengalaman aku.
    Jd aku udh interview hrd 12 Mei lalu, tp smp saat ini aku blm dpt sms/tlvn/email dr BCA yg menyatakan aku lolos atau ga ke thp selanjutnya.
    Bbrp hr lalu aku cb tlvn ke BCA, dan staf disana mengatakan bhw aku lolos utk posisi staf audit. Untuk interview dgn user msh diatur jadwal sm usernya.
    Aku smpt kaget dan bersyukur, krn aku interview dgn hrdnya utk posisi PSPO.
    aku ign tanya pd saat interview user ditanya apa aja ya?? Interiviewernya sprti apa ya?? Ada tips" khusus yg bs dishare??
    Hehe makasih sblmnya.
    Oya kak fifin skrg sudah slsai ms trainingnya??
    Dan sudah mulai ditempatkan dipusat atau cabang??

    ReplyDelete
  21. Halo kak , salam kenal aku queen. Aku sangat tertarik buat berkarir di bca ini, waktu itu aku sempet ikutan tes program pspo tp gagal di interview akhir. Aku mau coba lagi. Aku mau tanya beda nya program pspo dengan audit internal atau program analis kredit, dari ketiga nya itu jenjang karir nya kearah mana aja ya kak? Dan biasanya dimulai dr grade brp dgn kisaran gaji brp? Aku sih punya basic di analisa kredit krn skrg aku kerja di bagian itu. Mohon pentunjuk dan informasi nya yah kak. Bisa tolong bales ke email aku aja queentiamonaagusta@yahoo.com terimakasih sebelumnya 😉

    ReplyDelete
  22. Halo kak fifin, aku baru dpet panggilan interview awal di bdp asuransi umum bca. Itu tahapnya sama atau beda ya kak dengan yg di bank bca nya ? Makasih kak. Saya dwikar

    ReplyDelete
  23. halo kak fifin, saya tertarik kerja di bank bca saya lulusan S1 ekonomi bagian audit saya mao coba internal audit kak kira2 test apa ya kak dan kalo bole tahu pekerjaan kayak apa kak dan untuk posisi yang kita sudah lamar apakah bole diganti? selain itu aku mau tanya kak posisi psop , pao, pro itu kakak tahu gak tugas2 apa . makasih kak sebelumnya boleh balas ke email aku kak muttz.yhan@gmail com

    thanks you kak

    ReplyDelete
  24. Maaf semuanya yang belum sempat aq balas. Emailnya numpuk semua and lagi agak sibuk. Untuk sementara, tanya2 langsung disini aja ya... Via email kecampur sama email2 lainnya jadi agak rempong liatnya. hehehee

    @Bella Sonya : Salam kenal juga Bella. Kalo tips2nya kurang lebih seperti yang aq ceritain di atas sih dan itu semua kembali lagi ke diri masing-masing. Intinya tetep pede dengan kemampuan sendiri dan berjuang. Kalo PSPO penempatannya di Back Office untuk di cabang2 sedangkan untuk Internal Auditor di Kantor Pusat Jakarta (Grand Indonesia). Sekarang aq masih training nih di kantor pusat. Doain bulan Januari nanti bisa lulus ya ^_^.

    @Queen Tia: Salam kenal queen, wahhh sayang banget ya... Nanti kalo ada lagi dicoba lagi aja say. Kegagalan adalah keberhasilan yang tertunda gitu katanya so... jangan nyerah sampai disitu aja. Beda divisi dan jobnya antara audit, analis kredit, sama PSPO. Yang pasti kalau Audit sama Analis Kredit adanya di kantor pusat dan lebih ke urusan fungsional (analisa untuk cabang2). Sedangkan PSPO untuk penempatan di Back Office Cabang dan kerjaannya lebih ke operasional (kerjaan sehari-hari yang ada di cabang). Gitu Queen... kalau kamu basicnya analis kredit, coba di bagian analis kredit aja. Biasanya kalau sudah ada backgroundnya jadi ada nilai plus dan kemungkinan akan lebih dipertimbangkan.

    @Dwikar : Salam kenal Dwikar... Sebenernya BCA punya segudang program untuk recuitment, cuma orang-orang taunya beberapa aja. Kalau untuk program yang kamu sebutin itu terus terang aq ga terlalu banyak tau, hanya saja kalau dari namanya itu lebih ke bagian asuransi dari anak perusahaannya BCA (ini mungkin ya...). Secara umum proses seleksi masuk BCA bisa dibilang hampir sama, perbedaanya cuma di urutan dan jumlah tahapnya aja. Semoga membantu....

    @Yani : Salam kenal Yani, maaf balasnya disini ya... Kalau internal audit pekerjaannya lebih ke pemeriksaan dan penilaian cabang selain itu Audit juga bertugas memberikan arahan untuk cabang, kaya konsultan gitu simplenya. PSPO = Pendidikan Staff Pendukung Operasi (Back Office cabang), PAO = Pendidikan Account Officer (mencari nasabah baru untuk pengajuan kredit dll), PRO = Pendidikan Relationship Officer (maintain nasabah yg lama agar tetep terjalin komunikasi intinya menjaga hubugan dgn nasabah, biasanya debitur2).

    Sekian.... kalau ada pertanyaan lagi di comment disini aja ya. Maaffffff sekali lagi baru sempat bales.

    ReplyDelete
  25. Hallo kak mau tanya dong, aku kan tgl 27 bulan ini bakal psikotes buat MT IT nah itu beda gak sih sama bdp? Terus kalau beda, bedanya apa sih kak? Makasih ya tolong di jawab :))

    ReplyDelete
  26. Hi... MT IT itu sama kaya BDP cuma diperuntukan khusus untuk mempelajari IT dan sudah tentu penempatannya nanti di Divisi IT. FYI aq dulu daftarnya buat BDP sama MT IT, padahal aq berharap masuk ke MT IT soalnya basic q IT. Cuma pada saat psikotest awal aq dipanggil buat BDP. Hahahaha... ya sudahlah gapapa toh juga nanti jadi Auditor IT. Test awalnya mungkin kurang lebih sama kaya BDP cuma aq ga terlalu tau, info utk MT IT ini sendiri ga terlalu banyak yang aq dapet jd blm bisa jelasin secara detail. Maaf ya... semoga membantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oke kak makasih ya kak infonya, semoga besok yang terbaik ajadeh Puji Tuhan bgt kalau bisa lolos. Amin

      Delete
  27. Hi kak Fif, aku tgl 05 Nov ada psikotes BCA utk REcruitment staff, kira2 tes nya sama gak? lalu pengumuman lolos dan interview berapa lama? oh ya kalau sudah lolos penempatan dijakarta daerah mna biasanya kak? maksudnya apakah sesuai dgn daerah pas tes? maaf byk nanya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hi juga... Bysanya kalo utk staff disesuaikan dgn daerah asal. Test awalnya kurang lebih sama kaya bdp (psikotest n interview), medcheck jg ada. Tapi utk fgd ga ada deh kalau ga salah. Untuk lwbih jelasnya bisa liat di website BCA untuk tahapan testnya.sedangkan pengumuman berhasil atau tidaknya selama belum ada pemberitahuan failed ditunggu aja dulu atau kalau kamu udh penasaran bisa telepon langsung. Karena yg apply byk bgt dr seluruh Indonesia jd utk seleksinya perlu waktu yg agak lama. Semoga membantu.

      Delete
  28. wow... yang kaka sharing dsini kurang lebih sama dengan test yg q jalani kemarin ka.. thanks for sharing... skrg lg ngu interview HRD ne.. moga aj d panggil n lolos... Amin... Good luck y buat kita smua yg lagi berjuang....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wahhhh... Semoga sukses ya....thanks udh baca.

      Delete
  29. Kak maaf mau tanya.. Q kan ikut tes BCA internal audit. Dan lolos sampai tahap interview HRD. Katanya tunggu sampai 4 minggu. Q udah tunggu ka. Q dapet telpon dari nomor yg pertama bca telpon q. Tapi g ke angkat. Tu gimana ya ka? Mohon pencerahannya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba aja ditelepon lagi say... Selama belum ada pemberitahuan gagal kamu masih punya kesempatan berharap. Karena hotline mungkin jalurnya memang sibuk jd dicoba aja tlp trs. Semoga membantu...

      Delete
  30. halllo ka aku ikut tes program tes bdp ush smpe interview hard disuruh nunggu smpe 2 minggu tapi ini udh 3 minggu tapi aku belum dihubungin juga .itu gmna ya ? aku ga lolos atau gmna ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak yg punya kasus spt kamu say. Dicoba telepon aja ke BCAnya. Yang apply BCA cukup banyak soalnya jd membutuhkan waktu seleksi yang memamng cukup banyak. Sabar aja... Selama blm ada notif gagal berarti kamu masih bisa berharap. Semoga membantu...

      Delete
  31. Kak mau tanya, kk bs ketrima di bagian audit internal seblmny udah punya pengalaman kerja dimana kak? Bagian audit jg kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya sebelumnya aq sempat kerja 3 tahun di perusahaan di Bali tapi bukan bagian Audit say... Aq dlu di bagian IT dan sekarang di BCA jadi audit IT hahahaa... Ga selalu kok yg udh berpengalaman yg keterima, tetapi kalau kmu punya pengalaman akan lebih dipertimbangkan. Thanks udh mampir ke blog Q ya... Semoga membantu.

      Delete
  32. Hallo kak fifin, Mau nanya dong.. berdasarkan dari requirement BDP, kita hrus kirim ijazah yaa?

    Kebetulan saya baru Mau masuk semester akhir dan baru dapet ijazahnya sept 2016 saat graduation

    Boleh infonya dong :
    - Apakah saya bisa apply sekarang?atau harus tunggu Lulus ya?
    - kita bisa dapet konfirmasi Keterima ato gak nya berapa Hari setelah apply online?


    Makasi kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasi udh baca blogQ...
      Pada dasarnya untuk apply BDP minimal requirementnya S1. Jadi musti lulus dulu, minimal ada surat keterangan lulus dulu yg sah.
      Kalau dr apply online maksimal 3 bulan ada pemberitahuan lolos seleksi awal utk selanjutnya ikut psikotest, tapi setelah psikotest itu ga ada wktu yg pasti biasanya sekitar 2-4 minggu utk ke tahap selanjutnya lagi.
      Semoga membantu...

      Delete
  33. Hallo kak, saya mau tanya, untuk medcheck nya kalau gigi berlubang dan ada karang giginya kira-kira bisa lulus gak? Mkasi kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Slam kenal...
      Untuk medcheck sendiri, jujur aq kurang tahu gimana kriterianya. Tapi kalau masalah gigi, menurutku ga masalah kalau ada berlubang yang penting terawat aja. Kalau sempat seminggu sebelum medcheck lbh baik ke dokter gigi dulu. Biar ga mahal, pake BPJS juga oke kok kalau sekedar utk tambal aja...
      Semoga membantu.

      Delete
  34. Halo fin, kalo udah coba BDP 2015 dan gagal, bisa coba BDP tahun 2016 kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal...
      Bisa ikut BDP lagisetelah gagal BDP sebelumnya, jangka waktunya 2 tahun. Jadi kalau kamu udh ikut tahun 2015 dan gagal, kamu baru bisa ikut lagi tahun 2017. Begitu...

      Delete
    2. Salam kenal...
      Bisa ikut BDP lagisetelah gagal BDP sebelumnya, jangka waktunya 2 tahun. Jadi kalau kamu udh ikut tahun 2015 dan gagal, kamu baru bisa ikut lagi tahun 2017. Begitu...

      Delete
  35. Salam Kenal kak Fifin, saya Yuli, baru lulus sidang & belum keluar ijazah juga.. Ada yang mau saya tanya,
    1) jadi sekarang kakak jadi staff audit di BCA di JAKARTA ? dulu waktu dapat panggilan interview di JKT, Kakak dari Bali ke JKT itu biaya sendiri ?
    2) Dan selama jadi staff audit di BCA ini, kakak sudah pernah meng-audit kemana saja ? daerah paling jauh kemana kak?
    3) dari komen2, kakak ada bilang kelas + coffe break ? Jadi kalau program BDP itu bukannya Full-Time kerja jadi Audit staff ? Mohon untuk lebih jelasnya Kak ??
    4) kalo yang tes Dinamika Kelompok itu gimana yah ? Saya orangnya pendiam cenderung introvert deh.. Menurut Kakak apa bisa saya lolos ?
    5) Program BDP Internal Audit itu untuk brp lama ya ?
    Terima kasih Kak, Mohon infonya nya ya Kak..
    Maaf kepanjangan hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga Yuli...
      Oke saya coba jawab satu persatu ya.
      1. Iya skr aq stay di Divisi Internal Audit. Divisi Audit adanya di Jakarta aja jadi otomatis aq stay di Jakarta utk jangka waktu yg ga bisa ditentukan. Alias udh menetap di Jakarta. Untuk biaya dari awal itu semua biaya sendiri say. Karena tekad udh bulet bwt masuk BCA so it's no problem. Buat yg di daerah mohon dipikirin masak2 utk biaya awal ke Jakartanya ya... Walaupun setelah 1 bulan nanti uang saku yg diterima psti mencukupi utk biaya hidup kamu tetep harus prepare.
      2. Waktu OJT (on job training) aq ada di sub div cabang itu udh ke Balikpapan. Tp sekarang setelah lulus BDP, sesuai background aq ditempatin di sub div Audit IT jd keluar kotanya otomatis hampir ga ada. Keduanya sama2 asik tergantung passion kamu dimana kalau seandainya kamu milih buat masuk audit.
      3. Program BDP terbagi menjadi beberapa sesi selama 1 tahun itu. Jd 4 bulan full aq dpt pembekalan basic banking dll di kelas. Selebihnya on job training (di cabang dan di divisi audit). Gitu...
      4. Untuk dinamika kelompok sebenarnya kriteria yg bisa lolos itu rahasia mereka, aq jg kurang tw spt apa kriterianya. Tapi dr hasil pengamatan, yg lolos adalah org2 yg bisa diajak kerjasama pada intinya. Bukan hanya org yg vokal tp tidak melihat kepentingan kelompok itu sendiri.
      5. Semua program bdp, trainingnya 1 tahun.

      Sekian yg bisa aq bantu, tp smw jawaban yg aq kasi based on true story. Hahahaaa maksudnya sesuai dgn apa yg sdh aq alami, tentunya kedepannya psti byk perubahan2 yg diadakan. So pesanku keep spirit and do the best aja ya...

      Salam

      Fifin

      Delete
    2. hai kak aku mau nanya, bedanya yg BDP sama magang bakti apa ya? trainingnya sama atau engga? kalo S1 gajinya sama atau engga ya antara bdp sama CS?

      Delete
  36. Salam kenal Kak Fifin
    Kren blognya,,
    Brarti skrg kk di GI ya?
    Tmn q jg ada dsna namanya Sheila n Lili,mrk jd staff audit IT.
    Btw,mau tny nih kak,skrg kan program BDP udah ga ada di web ya kak,kalo mau apply gmn ya kak?tq

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga...
      Iya sheila sama lili 1 lantai sama aq.
      Sekarang program yg ada di BCA ada BCA Banker Program dan program perjurusan/unit kerja spt PAO, PAI, PRO, dll. Selengkapnya bisa liat langsung di website BCA.

      Delete
  37. Halo kak fifin..
    Salam kenal..
    Nama saya jesyca..
    Kak mau tanya dong..
    Kmrn saya dpt sms undangan psikotest utk program audit internal tp sebagian teksnya hilang jd saya gak tau tempat buat testnya dmn..
    Padahal diminta buat konfirmasi 1x24 jam..udh coba buat sms jg tapi blm ad balasan..
    Enaknya gmn yah kak?
    Mohon bantuannya..
    Makasi :)

    ReplyDelete
  38. Halo kak fifin..
    Salam kenal..
    Nama saya jesyca..
    Kak mau tanya dong..
    Kmrn saya dpt sms undangan psikotest utk program audit internal tp sebagian teksnya hilang jd saya gak tau tempat buat testnya dmn..
    Padahal diminta buat konfirmasi 1x24 jam..udh coba buat sms jg tapi blm ad balasan..
    Enaknya gmn yah kak?
    Mohon bantuannya..
    Makasi :)

    ReplyDelete
  39. Hai kak fifin salam kenal saya dai bali juga...
    mau tanya ni kak, waktu ini saya sempat apply buat jadi audit internal dan kebetulan saya dipanggil buat tes minggu depan. Untuk tahapan testnya apa sama seperti BDP ya? Makasi :)

    ReplyDelete
  40. Halo kak salam kenal namaku unike.. mau tanya ni kak, aku kan trakhir interview hrd bulan november tanggal 16 kemaren, udah sampai 3 bulan lebih belum dapet informasi lolos atau enggaknya ni kak, kata temen sih yang gak lolos udah pada di sms bulan desember kemaren.. apa aku perlu telp hrd nya ya kak? Udah gak sabar ni kak buat interview user hihihi.. makasih kak :)

    ReplyDelete
  41. Halo kak salam kenal namaku unike.. mau tanya ni kak, aku kan trakhir interview hrd bulan november tanggal 16 kemaren, udah sampai 3 bulan lebih belum dapet informasi lolos atau enggaknya ni kak, kata temen sih yang gak lolos udah pada di sms bulan desember kemaren.. apa aku perlu telp hrd nya ya kak? Udah gak sabar ni kak buat interview user hihihi.. makasih kak :)

    ReplyDelete
  42. Hai kak , kakak cantik banget deh :D

    ReplyDelete
  43. Kak, jd td kan aku dpt telfon dri bca tp nggak keangkat soalnya bru di jalan. Trus aku telfon balik katanya nanti ditunggu mau ditelfon lg gitu, tp aku keburu penasaran. Nah pas itu aku daftar program internal audit, trus klo mau telfon dan nanya apa aku minta disambungin ke bdp nya ato kmn ya? Makasih banyak kak. Salam sukses!

    ReplyDelete
  44. Ditunggu aja..nnt d telp lg..pengalaman aq jg gitu..

    ReplyDelete
  45. Ditunggu aja..nnt d telp lg..pengalaman aq jg gitu..

    ReplyDelete
  46. Jarak waktu dari interview usher ke medical check up nya berapa hari kak?

    ReplyDelete
  47. Kak mau tanya uang saku pas in class sama ojt apa beda? Kalo boleh tau berapa jumlah ny ? Aku masuk PAO, kmaren blum d kasih tau surat perjanjiannya, keburu penasaran. Thanks kak, email ke aku ya jawabannya evenpratama@yahoo.co.id thx ka bantuannya.

    ReplyDelete
  48. Hai kak, kenalin namaku arie :) aku nanti tgl 23 april mau psikotess di bandung untuk posisi analis kredit.. mau bertanya untuk psikotest haruskan kita belajar tips2 untuk mengerjakannya atau mengalur apa adanya? soalnya kan berkaitan dengan karakter kita. mohon dijawab ya kak ke email arieandira.email@gmail.com makasih :)))

    ReplyDelete
  49. Halo kak.
    Saya, juga sedang proses untuk rekrutmen internal audit BCA. Sekarang masuk tahap interview dgan BCAnya.
    Kak, sebelum dtang interview, kan saya diminta untuk mengisi expected salary, kalau boleh tau standar gaji internal audit BCA brp ya? Biar saya tdak nulis terlalu besar juga.
    Kemudian untuk tunjangan2 lain sebagai internal audit BCA apa boleh dishare? Krna saya jg lg proses di salah satu BUMN, sama2 ikatan dinas 2 tahun. Jadi tidak mau salah pilih.
    Boleh melalui email saja kak di filnugraha@gmail.com

    ReplyDelete
  50. Halo kak, saya mau tanya tentang PRO. Tugas PRO itu seperti apa ya rinciannya kak? apakah seperti marketing keluar keluar? kalau untuk gaji nya kurang lebih berapa ya kak? Terima Kasih.

    ReplyDelete
  51. Halo kak, saya mau tanya kemarin saya ikut program internal audit dan saya sudah psikotes sampai interview hrd. Saat interview hrd dia bilang tunggu 1 setengah bulan untuk waktu paling lama. Dan sekarang baru 1 bulan setelah interview hrd tetapi teman saya sudah dikabari dan sudah interview diganti program dan saya belom ada sms gagal atau telp selanjutnya. Apa saya lebih baik menunggu atau saya telp bcanya ya? Terimakasih

    ReplyDelete
  52. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  53. halo kak mau tanya saya sekarang bekerja sebagai auditor di perusahaan swasta, saya berkeinginan bekerja di bank apalagi bank bca yang merupakan bank terbesar di indonesia ini
    Bagaimana si kak suasana, beban kerja, karir sebagai internal auditor di bank BCA ?
    sekarang ada namanya BCA Banker Program apa itu BDP ya soalnya saya baru dengar ?
    Terus dilihat dari situs karir BCA ada program AO, RO, dan Audit Internal apa itu termasuk Program BDP jg ?
    Mohon pencerahannya terima kasih...!!

    ReplyDelete
  54. Hallo ka, saya lia.. saat ini posisi saya sedang menunggu sidang untuk S1.. kemungkinan antara juni/july dan september saya baru wisuda.

    Minggu depan saya dipanggil untuk interview HRD, saya bingung untuk mengisi tanggal mulai saya bekerja.. saya berencana isi September 2016 untuk cari aman agar SKL juga sudah ada. Apakah BDP Internal Audit ini dimulai setiap bulan untuk batch baru ka? atau bagaimana sistemnya.. karena saya takut kalo isi September terlalu lama menurut Bank BCA nya. Terimakasih ka ^^

    ReplyDelete
  55. Halo kak , saya baru selesai interview hrd tgl 18 mei kmren untuk analisis kridit , yg mau saya tanya jika kita gagal atau lolos akan dpat notif kan kak ? Dan selama traning apakah kita dikasih tempt tinggal atau tidak ? Terima kasih kak infonya

    ReplyDelete
  56. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  57. Haloo Mba, saya mau nanya nih. Kalau kerja MIT di BCA itu apa aja yah? Soalnya aku mau masuk MTIT sama kayak mba basicnya IT.
    rus mau nanya juga bisa yah daftarnya MTIT dan BDP diwaktu yang bersamaan? Caranya gimana yah?

    ReplyDelete
  58. Halo kak, aku udah diterima PAO tp ttd kontak bulan agustus nanti. Saya dijadwalkan inclass 2bulan jkt dan 10 bulan ojt di kcu denpasar, penempatan di denpasar.
    Mau tanya nih, basicnya program2 ini apakah sama dengan BDP?
    Untuk sistem jenjang karir apakah sama?
    Untuk uang saku program(sudah diinfomasikan) beda 500k dgn training bdp, means kualitas 11-12 dr bdp hehe self conclusion-maaf.
    Saya concern dtng jenjang karirnya sih kak. Tolong share pengalaman kakak ya, thank you before, GBU

    ReplyDelete
  59. Hallo kaka fifin mau tanya kalo program analis kredit masih ada gak kak? soalnya kemarin aku ikut yg program analis kredit,tapi baru sampai tahap interview hrd, belum ada panggilan untuk tahap selanjutnya, apakah karena sudah tdk ada program analis kredit yaa, berarti aku gagal gitu yaa kak? terimakasih. mohon balasan nya

    ReplyDelete
  60. kak mau nanya dong, kan itu di website bca ada IT trainee dan Banker Program, itu bedanya apa ya kak?
    Apkah 22 nya termasuk MT atau gimana ya? eheh
    Makasi kak

    ReplyDelete
  61. ci kalau misalkan aku mau lamar bagian audit internal tuh harus ada pengalaman kerja apa bisa buat fresh grad ? soalnya di webnya emang program buat lulusan baru, tapi takutnya ga bisa kalau belum ada pengalaman kerjanya. mohon infonya ya ci.. makasih banyak

    ReplyDelete
  62. ci kalau misalkan aku mau lamar bagian audit internal tuh harus ada pengalaman kerja apa bisa buat fresh grad ? soalnya di webnya emang program buat lulusan baru, tapi takutnya ga bisa kalau belum ada pengalaman kerjanya. mohon infonya ya ci.. makasih banyak

    ReplyDelete
  63. Halo,
    Ini adalah untuk memberitahukan masyarakat umum bahwa Mrs Jane Alison, pemberi pinjaman pinjaman swasta memiliki membuka kesempatan keuangan untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan. Kami memberikan pinjaman pada tingkat bunga 2% untuk individu, perusahaan dan perusahaan di bawah syarat dan kondisi yang jelas dan mudah dipahami. hubungi hari ini kami melalui e-mail sehingga kami dapat memberikan persyaratan pinjaman dan kondisi di: (saintloanss@gmail.com)

    ReplyDelete
  64. halo mba, salam kenal.. nm saya Dafi. saya mau tanya, kalo berat badan ga proporsional ngaruh ga ya ke test medcial check up nya? soalnya saya berat badan 50kg tinggi 169cm.. terimakasih

    ReplyDelete
  65. Aduhhhh.... maaf-maaf baru bisa balas lagi comment2nya. Aq jawab satu persatu ya:
    @Lusiana: Jujur aq kurang tw kalo ketersediaan lowongan di masing-masing Divisi, kamu bisa stay tune terus di website BCA bagian karir untuk ngeliat ketersediaannya. Kalau misalnya belum dapet panggilan lagi, kamu bisa kirim email ke recruitment@bca.co.id untuk menanyakan status kamu. Biasanya yang ngelamar di BCA itu ribuan orang, jadi kemungkinan seleksinya agak lama. gitu lusianan...

    @anonymous (ga tau siapa =) ) : IT Trainee dan banker program sama-sama MT cuma IT Trainee khusus utk IT sedangkan banker program untuk management umum. Selengkapnya bisa liat di website BCA ya...

    @Nadia : Bisa untuk dua-duanya kok Nadia, coba apply aja yah.... ^_^

    @Dafi : Aq iri kamu kurus, berat badannya bisa 50 kg T_T , hahaha salah fokus. Hmmmm aq kurang tau kriteria untuk fisik, tapi kalo kamu ngelamar jadi model pasti lulus. Hehehehe... kayanya medical check up kalo di BCA lebih ke: No Narkoba trs ga ada penyakit kronis gitu. Kalo berat badan ideal sih mungkin ga diperhitungkan ya yang penting sehat.

    ReplyDelete
  66. halo kak fin saya mau tanya, saya sempat bekerja di BCA dalam program bakti soalnya waktu itu cuti kuliah, nah sekarang sudah lulus s1nya, kalau mau daftar lagi ke bca antara posisi staff atau BDP bisa ga ya? secara pengalaman saya lebih ke program front liner, tapi saya mau coba lamaran sesuai dengan ilmu saya di staff legalnya, bingung kak apakah bisa dimasukin dua duanya? thnx

    ReplyDelete
  67. Kalo boleh tau penalty nya kena brp ya di BCA ??

    ReplyDelete
  68. hi sis fin, thank you for sharing your experiences

    kebetulan sampai di halaman post BCA ini

    a fellow buddhist dan dulu blog juga, i wish you the best, buddha bless
    :) (y)

    ReplyDelete
  69. Hi guys.. slm knl sy okto BDP jg sm kyk fifin. Ngebantu yg blom dijawab aja,
    @audrey suganda: utk program bdp skrg udh gak ada lagi, kamu bisa coba program lainnya kalo memang basic kmu org legal bisa cek di web bca program staf legal.

    @macho yedija: penalty keluar program mksdnya? Kalo jaman sy sih klo udh jd krywan tp msh blm lepas dinas masih baru bgt itu 200jtaan akan brkrg ditiap blnnya.

    Thx

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai kak, saya tidak tau apakah comment ini akan di baca atau tidak.. saya berharap bisa di baca dan di tanggapi :)
      Saya ingin menanyakan perihal BCA Banker Program.. Saya mendaftar untuk program ini, saya ingin bertanya
      1. posisi apakah yg akan di berikan untuk pendaftar program ini? apa kah audit? back office? relationship officer? atau account officer? atau lainnya??

      2. untuk program ini apakah yg terjadi jika (jelek2 nya performa saat traning jelek) apakah dari pihak BCA akan memutuskan kontrak dengan kita? atau apakah kita harus membayar penalti tertentu?

      Saya sangaattt harap petanyaan saya ini dapat di baca dan di jawab oleh kakak!!

      Terima Kasih :)

      Delete
  70. Halo kak, salam kenal saya kemarin mengikuti program analisis kredit sejak juli 2017 ini. Tanggal 19 sept kemarin saya diundang interview user di darmo surabaya melalui email personalia bca surabaya, ketika interview user seperti sudah mantap menanyakan apakah saya mau dipindah k posisi pspo dan bisa sejak kapan mulai bekerja. Tapi tgl 26 sept saya mendapat email template dri tim recruitmen bca jakarta bahwa saya belum memenuhi kriteria yg dicari bca dan diijinkan melamar melalui web karir bca 2th lagi. Apakah saya masih berkemungkinan untuk dihubungi untuk ditawarkan posisi lainnya lagi sesegera mungkin kak, atau saya langsung gagal total berdasarkan maksud dari email tersebut? Trimakasih

    ReplyDelete
  71. Halo sis, kenalin aku Ditha.. Mau nanya, BDP sekarang ganti nama jadi BCA Banker Program ya? Hehe.. Sama kira-kira dari pertama kita daftar sampai dikasih tau lolos untuk psikotes itu berapa lama ya? Terima kasihhhh.

    ReplyDelete
  72. @ditha halo ditha, bantu jawab ya.. Iya denger2 BDP skarang jadi Banker Program, untuk lama dari daftar hingga psikotes sih kalau dari pengalaman pribadi kurang lebih 1 bulan lebih 2 minggu an sih. (mid july-panggilan untuk agustus akhir psikotes)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahhh lama juga ya hahahaha... okeee makasih banyak ya infonya :)

      Delete
    2. Halo sis, thank you banget sebelumnya thread nya sangat detail dan bermanfaat sekali. Btw, sekarang masih di BCA kah? kebetulan saya daftar BDP juga tahun ini, gimana kesan pesannya di BCA?

      Delete
  73. Hallo, perkenalkan saya Febri dari Jogja. Tadi siang saya dapat telfon untuk interview di Jakarta Senen besok. mau tanya, (1) setau saya itu testnya dimulai dari psikotes, lalu FGD, baru wawancara.. apakah kemungkinan yang dimaksud test saya besok hari senin itu psikotes ya ? Lalu (2) kira" berapa tingkat persaingan dari lolos tahap awal berkas sampai tahap medical check up ya ? Terimakasih atas perhatiannya..

    ReplyDelete
  74. Selamat siang min. Perkenalkan saya Adi.
    Bulan kemarin saya daftar Banker Program di BCA Karir. Aku udah lolos tes online dan tahap terakhir interview. Kata nya sih tinggal tahap FGD, interview user, dan MCU. Dari prosedur nya kok mirip BDP ya?
    Mau tanya juga apa perbedaan banker program dan BDP? Karna saya cari banker program di google jarang sekali yang bahas ini.
    Terimakasih sebelumnya. Jika berkenan tolong jawaban nya ke email saya adysumawinata2206@gmail.com
    Terimakasiu banyak min

    ReplyDelete
  75. Halo kak salam kenal. Aku mau tanya, waktu itu aku apply bdp asuransi bca setelah ditunggu hasilnya aku ditolak. Tapi beberapa hari setelahnya aku dpt email diundang untuk briefing awal posisi bdp. Itu maksud briefing awal gimana ya kak? Makasih sebelumnya

    ReplyDelete
  76. Apa jurusan sastra inggris bisa mendaftar?

    ReplyDelete
  77. Halo, kak. Perkenalkan saya Ruth, salam kenal.
    Izin mau bertanya, jenjang karir yang sudah dicapai selama 6 tahun kakak masuk BDP kira2 bagaimana ya kak?
    Saya baru banget dapet undangan untuk tes online, semoga juga berjodoh dengan BCA. Jika berkenan saya boleh minta tips and tricks melalui email di rthcltbng@gmail.com untuk menjawab pertanyaan interview serta topik apa yang diberikan pada saat FGD dan jawaban seperti apa yang kakak berikan pada saat itu. Terima kasih.

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Character, Competence, Compliance (3C)

Dear reader.... Ada hal menarik ketika saya mengikuti training di perusahaan saya sendiri. Judul materi trainingnya cukup singkat dan membuat penasaran menurut saya. Judulnya adalah "3C" bahkan materi ini dibawakan oleh penulis buku retail best seller yaitu Bpk. Christian.F.Guswai. Apa itu 3C? 3C terdiri dari 3 kata yang berawalan C yaitu Character, Competence, dan Compliance. Huruf C pertama yaitu Character/ Attitudes tentunya hampir semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan ini. Walaupun kelihatannya sepele namun kita tidak bisa menutup mata, karakter inilah yang menjadi faktor utama yang menggambarkan bagaimana seseorang tersebut. Dari karakterlah kita bisa menilai seseorang. Jika seseorang mempunyai karakter yang baik tentu penilaian kita terhadap orang tersebut akan baik begitu juga sebaliknya. Salah satu teori tentang pembentukan karakter yaitu teori tabularasa. Teori ini menyebutkan bahwa manusia terlahir seperti selembar kertas kosong, coretan-core

Liburan, Bedugul, Ular, Iguana, Monyet, dan Kelelawar

Akhirnya dapet liburan juga, walaupun cuman sehari gapapa lah. Eh, ga ada sehari lagi, cuman setengah hari karena lama di perjalanan. Sebenarnya bukan liburan sih, tapi sambilan liburan namanya. Soalnya kebetulan gue ada upacara di rumah di Seririt dan harus pulang kampung. Walaupun perjalanan cukup jauh, 100 km bok... tapi karena lewat daerah Bedugul yang sejuk makanya perjalanan asyik-asyik aja. Oya, sekeilas info nih... daerah Bedugul ini merupakan salah satu tujuan objek wisata di Bali. Buat kalian yang pernah ke Bali, rugi loh kalo ga mampir. Apa sih yang ada di Bedugul yang jadi daya tarik wisata? Di Bedugul itu kamu bisa liat 3 danau sekaligus. Walaupun ga berdampingan kaya danau kelimutu di NTT, tapi pemandangan di sekitar danau-danau ini Beautifulllllllllllllllll banget loh cinta. 3 Danau yang ada di Bedugul ini adalah Danau Bratan, Danau Buyan, and Danau Tamblingan. Yang paling besar diantara 3 danau ini adalah Danau Bratan. Tapi ga sempat nih foto-foto di Danaunya.( T_T )