Skip to main content

Ketika Boss Selalu Benar....

Dear all,

Fiuhhhh kalo baca judulnya keliatan banget deh curcol para karyawan. Hahahaa... Ya begitulah kalo nasib jadi karyawan. Hukum mutlak yang menjadi keharusan, kalo bos kita orang yang cukup diktaktor. Apalagi kalau perusahan yang masih dipegang Owner, harus rajin-rajin elus-elus dada deh.

Tutup mata + tutup telinga aja waktu bos marah, lagipula kalo marah-marah yang bakalan stoke siapa. Hihihi...
Tapi semua itu sudah menjadi pilihan kita, apapun pekerjaanya minumnya tetap teh botol sosro. Nah lo ngaco... Kembali ke masalah si bos tadi, gimana caranya supaya hal tersebut nggak mengganggu kinerja kita? Kadang kala kita sudah berusaha sekuat tenaga bahkan semua prosedur yang benar telah kita jalani namun masih tetap salah di mata bos? Lebih parahnya lagi kalo bos kita suka marahin kita di depan banyak orang. Waduh... semoga ga ada yang gitu ya.

Berdasarkan pengalaman gue, mungkin ini bisa membantu rekan-rekan yang pernah mengalami hal-hal seperti itu. Yuk disimak....
  1. Diam dulu dan terima apa aja yang dibilang sama si bos. Anggap aja anjing lagi gonggong. Mau dianggap anjing pom, anjing shitzu, atau doberman sekalian. Pokonya anjing deh... ups... bukan maksud menghina ya. Perumpamaan aja. Tapi kalo disuruh jawab jangan diem juga. Bisa-bisa dilempar Botol Aqua (kalo yang ada botol Aqua, kalo yang ada botol bir gimana? bisa bocor kepala). Jawabnya yang pertama minta maaf dulu (walaupun ga salah, kan pasal 1 : BOS SELALU BENAR!!!), setelah minta maaf bilang tidak akan mengulanginya lagi. Kemudian baru jawab pertanyaannya tapi jangan membenarkan diri sendiri ketika bos lagi marah (ingat pasal 1 lagi).
  2. Ambil sisi positifnya, kenapa kita dimarah. Bisa jadi memang kita juga yang salah, atau kalau ga salahpun anggap marahan si bos sebagai masukan.
  3. Buat perbaikan, atau kalau diperusahan gw buatnya pertanggungjawaban gitu. Diketik di Ms. Word, isinya penjelasan kita yang didukung dengan bukti-bukti. Tapi ingat ya.... bahasa yang digunakan harus tetap bisa diterima oleh si Bos. Berabe urusannya kalo gara-gara bahasa yang kita gunakan salah, apalagi bahasa tulis. Tidak semua orang punya interpretasi yang sama ketika membaca.
  4. Kalau terlanjur sakit hati, berdoa aja. Biar pikiran kembali tenang dan jernih. Dan ingat semua terjadi karena karma kita sendiri, anggap aja karma buruk lagi berbuah. Tapi dengan menerima dan menghilangkan kebencian, kita sudah menanam karma baik. Kalau Bos kita masih juga marah sama kita, anggap aja dia lagi menanam karma Buruk. Intinya kembangkan cinta kasih, karena kebencian juga menyakiti diri kita sendiri loh. Jadi ga ada gunanya.
  5. Jangan menyerah. Tunjukan kinerja kita, walaupun hal sebelumnya membuat kita dimarah. Anggaplah kemarahan bos itu sebagai cambuk untuk membuat kita bekerja lebih baik. Kalau istilah umumnya apa ya namanya? kalau gw bilang, kita harus "Jengah" dan tunjukan bahwa ini loh gw bisa.
  6. Biar bagaimanapun kita mencari pembenar, dia tetaplah bos kita. Yang harus kita hormati dan patuhi. Jadi pilihan satu-satunya adalah menjalaninya. Kecuali jika hal tersebut sudah sangat-sangat keterlaluan dan sangat membuat tidak nyaman, pilihan terkahir adalah mencari pekerjaan lain.
Mungkin itu beberapa tips yang bisa dijadikan referensi, semoga membantu... ^_^v

Sumber: http://wewewe.pengalaman-pribadi.com

Comments

Popular posts from this blog

BDP ( BCA Development Program )

Buat sebagian orang pasti sudah tau apa itu BDP, dan sebagian dari kalian pasti ada yang sudah lolos ikut BDP ini. Kesan awal gw waktu ikut BDP ini adalah dag dig dug, why? karena untuk masuk dan lolos di program BDP ini sangatttttt.... sulit kalo ga mw gw bilang susah (apa bedanya ya? hahahaa). Tapiiiii.... nah ada tapinya. Selama kita berusaha dan kerja keras pasti bisa mengikuti setiap tahapannya. Maksudnya berusaha dan kerja keras disini bukan berarti kamu harus kerja mati-matian dan belajar mati-matian dari pagi ampe pagi lagi. Ga gitu sob... Maksudnya adalah berusaha dan bekerjalah yang cerdas. Seperti misalnya: Cari info sebanyak-banyaknya mengenai BDP. Sumbernya bisa langsung dari website resminya BCA atau Forum yang membahas tentang BDP. Bertanya ke orang-orang yang pernah mengikuti BDP. Lah mana gue kenal? mana gue tau siapa yang ikut BDP?. Salah besar kalau anda berpikiran seperti itu. Tau cara menemukannya? tanya aja paman google =D. Hehehehe... tapi serius loh. Bany

Character, Competence, Compliance (3C)

Dear reader.... Ada hal menarik ketika saya mengikuti training di perusahaan saya sendiri. Judul materi trainingnya cukup singkat dan membuat penasaran menurut saya. Judulnya adalah "3C" bahkan materi ini dibawakan oleh penulis buku retail best seller yaitu Bpk. Christian.F.Guswai. Apa itu 3C? 3C terdiri dari 3 kata yang berawalan C yaitu Character, Competence, dan Compliance. Huruf C pertama yaitu Character/ Attitudes tentunya hampir semua orang mengetahui apa yang dimaksud dengan ini. Walaupun kelihatannya sepele namun kita tidak bisa menutup mata, karakter inilah yang menjadi faktor utama yang menggambarkan bagaimana seseorang tersebut. Dari karakterlah kita bisa menilai seseorang. Jika seseorang mempunyai karakter yang baik tentu penilaian kita terhadap orang tersebut akan baik begitu juga sebaliknya. Salah satu teori tentang pembentukan karakter yaitu teori tabularasa. Teori ini menyebutkan bahwa manusia terlahir seperti selembar kertas kosong, coretan-core

Liburan, Bedugul, Ular, Iguana, Monyet, dan Kelelawar

Akhirnya dapet liburan juga, walaupun cuman sehari gapapa lah. Eh, ga ada sehari lagi, cuman setengah hari karena lama di perjalanan. Sebenarnya bukan liburan sih, tapi sambilan liburan namanya. Soalnya kebetulan gue ada upacara di rumah di Seririt dan harus pulang kampung. Walaupun perjalanan cukup jauh, 100 km bok... tapi karena lewat daerah Bedugul yang sejuk makanya perjalanan asyik-asyik aja. Oya, sekeilas info nih... daerah Bedugul ini merupakan salah satu tujuan objek wisata di Bali. Buat kalian yang pernah ke Bali, rugi loh kalo ga mampir. Apa sih yang ada di Bedugul yang jadi daya tarik wisata? Di Bedugul itu kamu bisa liat 3 danau sekaligus. Walaupun ga berdampingan kaya danau kelimutu di NTT, tapi pemandangan di sekitar danau-danau ini Beautifulllllllllllllllll banget loh cinta. 3 Danau yang ada di Bedugul ini adalah Danau Bratan, Danau Buyan, and Danau Tamblingan. Yang paling besar diantara 3 danau ini adalah Danau Bratan. Tapi ga sempat nih foto-foto di Danaunya.( T_T )